Cara Mengobati Luka Bakar

SitKes.com – Semua orang pastinya pernah mengalami Luka Bakar, baik Luka Bakar ringan yang disebablan terkena percikan minyak panas atau yang lainnya. Dan biasanya juga kulit akan mengalami Luka Bakar yang melepuh, memerah atau membengkak dan biasanya akan muncul cairan didalam kulit yang mengalami Luka Bakar tersebut.

Cara Mengobati Luka Bakar

Luka Bakar merupakan salah satu jenis cedera pada kulit atau daging yang disebabkan oleh suhu panas, listrik, gesekan, radiasi dan zat kimia. Kulit yang melepuh tidak hanya terjadi karena terbakar, akan tetapi luka melepuh juga ada beberpa macam yaitu lepuhan biasa samapi yang menimbulkan rasa gatal.

Cara Mengobati Luka Bakar

Kulit melepuh tidak hanya terjadi karena terbakar, luka melepuh ini ada dalam berbagai macam, dari mulai lepuhan biasa sampai lepuhan yang menimbulkan rasa sakit serta gatal. Gejala dari Luka Bakar sangatlah bermacam-macam tergantung seberapa parahnya luka tersebut. Luka Bakar yang terdapat dari permukaan akan menimbulkan kemerahan dan rasa nyeri. Sedangkan Luka Bakar yang sedang akan menyebabkan kulit melepuh, terkelupas, dan kemudian membengkak. Sedangkan Luka Bakar dalam kulit akan berwarna putih seperti lilin, kemudian akan hitam dan hangus dan tidak akan menimbulkan rasa sakit.

Karakteristik dari Luka Bakar tergantung pada kedalamannya. Luka Bakar superfisial menyebabkan nyeri selama beberapa hari yang dilanjutkan dengan pengelupasan kulit selama beberapa hari berikutnya. Penderita yang mengalami Luka Bakar berat mungkin akan menunjukan perasaan tidak nyaman atau mengeluhkan adanya tekanan di bandingkan nyeri. Selain itu juga Luka Bakar bisa menyebabkan ganguuan emosional dan psikologis.

Maka dari itu jangan biarkan Luka Bakar tanpa pengobatan sedikitpun, jika diabaikan Luka Bakar yang melepuh akan menimbulkan iritasi kemudian terjadi infeksi. Akan tetapi anda jangan khawatir, karena SitKes.com akan memberikan solusi tentang Cara Mengobati Luka Bakar yang melepuh secara alami, silahkan anda simak informasi seperti dibawah ini :

Teh
Teh dapat membantu perawatan yang membantu untuk Luka Bakar, karena dengan memiliki kandungan asam tannic dalam teh yang berfungsi untuk meringankan rasa sakit akibat Luka Bakar. Bahan alami ini biasanya digunakan pada Luka Bakar ringan, dengan catatan tidak ada luka yang terbuka.

Lidah Buaya
Lidah buaya mampu meredam panas dan sakit pada Luka Bakar, sehinggga Luka Bakar cepat pulih dan membaik. Dengan cara ambil sebatang Lidah buaya, kemudian ambil dagingnya dan letakan pada bagian yang terkena Luka Bakar.

Yoghurt Dan Susu
Mengobati Luka Bakar dengan menggunkan susu dan yoghurt memang sudah tidak bisa diragukan lagi, selain salah satu minuman sehat yang membantu tubuh juga, yoghurt dan susu juga bisa meredakan atau mengobati Luka Bakar secara alami. Akan tetapi perlu diperhatikan sebelum menggunakan yoghurt dan susu untuk bahan alami yaitu dengan memilih susu yang tidak memiliki kandungan lemak. Dengan cara menuangkan susu dan yoghurt secukupnya kebagian Luka Bakar dan diamkan sampai rasanya menjadi dingin.

Madu
Kandungan antiseptik yang terdapat dalam Madu ini ternyata dapat menyembuhkan luka bakar, dengan cara yang sangat mudah hanya mengoleskan madu kebagian luka. Maka Luka Bakar akan segera sembuh.

Kulit Pisang
Kulit pisang yang biasanya anda sering buang, ternyata memiliki khasiat untuk mengobati luka bakar. Dengan meletakan ulit pisang kebagian luka tersebut tunggu beberapa saat hingga kulit pisang tersebut berubah warna menjadi ke hitaman.

Baca juga : Cara Mengobati Liver

Demikian informasi tentang Cara Alami Mengobati Luka Bakar yang disebutkan beberpa diatas. Informasi diatas hanya beberapa dari sekian banyak tentang Cara Menyembuhkan Luka Bakar, diantaranya dengan menggunakan air dingin, menggunakan salep bioplacenton, Minyak lavendr dan lain-lain.

Cara Mengobati Luka Bakar

Semua informasi tentang Cara Menghilangkan Luka Bakar diatas tentunya didapat dari berbagai sumber yang terpercaya, semoga saja bisa memberikan banyak manfaat untuk anda semuanya. Terima kasih juga karena di SitKes.com anda telah menyimak informasi tentang Cara Mengatasi Luka Bakar.

Advertisement

Leave a Reply