Jerawat

SitKes.com – Jerawat merupakan peradangan akibat tersumbatnya pori-pori kulit. Penyumbatan terjadi karena adanya berlebihan sekresi dari kelenjar minyak kulit dan akumulasi, sel-sel kulit mati. Kombinasu ini mendorong bakteri Propionibacterium berkembang biak dan menyebabkan peradangan meningkat kulit. Jerawat berasal dari kata yunani.

Jerawat

Jerawat yang paling umum terjadi yaitu jenis Acne vulgaris. Jerawat merupakan masalah bagi kebanyakan remaja, meskipun dapat terjadi pada usia berapa pun. Selain itu Jerawat melintasi semua hambatan ras, budaya, usia, dan jenis kelamin dan Jerawat paling sering terjadi di wajah, akan tetapi dibagian lain juga dapat terjadi seperti di punggung, bahu, leher. Ada berbagai bentuk jerawat, termasuk komedo, whiteheads dan nodul bengkak atau jerawat, menunjukan sebagai benjolan kemerahan, mendidih seperti bengkak atau benjolan berisi nanah. Kadang-kadang Jerawat terjadi sendiri-sendiri, tanpa kista tambahan.

Jerawat

Penyebab Jerawat yaitu saat gangguan hormonal selama masa remaja. Jerawat biasanya akan hilang pada usia mencapai 20 tahun. Untuk beberapa, penderita berlanjut melampaui masa remaja, dalam bentuk bekas luka. Jerawat juga dapat terjadi karena make-up. Jerawat dapat mengurangi kepercayaan diri dan tidak mungkin untuk menghindari jerawat, meskipun dapat mencoba untuk mengawasi dan mencegahnya.

Jerawat biasanya akan timbul dan terjadi karena hal-hal seperti dibawah ini :

  • Adanya sumbatan lapisan kulit mati pada pori-pori yang terinfeksi.
  • Kelenjar minyak yang diproduksi terlalu berlebih.
  • Faktor genetik turunan orang tua.
  • Faktor hormon seperti puberitas.
  • Adanya iritasi kulit.
  • Gaya hidup atau pola hidup.
  • Obat-obatan, dan lain-lain.

Anda tentunya harus mengenal Penyebab Jerawat agar anda bisa menanggulanginya dengan cepat. Banyak media informasi seperti halnya situs-situs di internet yang akan memberikan informasi tentang apa saja Jerawat. SitKes.com pun tidak ingin ketinggalan untuk membantu anda semua dengan menghadirkan informasi tentang Ciri-Ciri Jerawat. Dan lebih baik memang langsung saja anda semua simak cara membersihkan Jerawat di bawah ini.

Rajin Membersihkan Wajah

Dengan rajin merawat wajah sebaik mungkin dan membuatnya tetap bersih kemudian mengenali jenis kulit kita sebelum memilih sabun dan pembersih wajah. Seiring membersihkan wajah akan sangat baik sekali terutama setelah berpergian ke tempat yang berudara kotor debu dan polusi dan apabila memiliki waktu dan uang ada baiknya untuk memanjakan kulit dengan facial. Untuk pemberish muka, ada baiknya memilih sabun yang khusus untuk kulit wajah yang kemudian dilanjutkan dengan pembersih wajah dengan PH normal/Ph balance agar dapat mengangkat kotoran wajah dan minyak yang menempel erat.

Gaya Hidup Sehat

Makanlah makanan yang bergizi dan tidak berlebihan terutama makanan yang mengandung banyak minyak, banyak pengawet, berpenyedap rasa kuat dan pedas. Hindarilah makanan dan minuman yang mengandung banyak lemak dan kolesterol serta makanan yang dapat memicu jerawat seperti keju, susu full cream, gorengan, dan lain sebagainya.

Konsultasi Dengan Dokter Spesialis Kulit

Jika Jerawat terus membandel tidak mau hilang setelah melakukan berbagai tindakan pengobatan sendiri, maka sebaiknya kita konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendiskusikan jerawat yang kita miliki. Dokter akan membantu menghilangkan Jerawat serta meminimalisir terbentuknya flek noda hitam pada wajah bekas Jerawat. Biasanya dokter akan memberikan obat antobiotik jika Jerawat kita meradang dan bernanah. Ikuti petunjuk dokter dengan baik agar antibiotik tidak malah membuat kuman Jerawat menjadi kebal obat-obatan. Jangan menggunakan obat Jerawat sembarangan karena dapat memperparah keadaan Jerawat.

Baca juga: Insomnia

Diatas mungkin beberapa Pencegahan Jerawat yang sebaiknya anda semua ketahui. Namun selain Ciri Ciri Jerawat, anda juga sebaiknya harus mengetahui Penyebab Jerawat. Dimana pada umumnya Jerawat ini bisa terjadi karena  kadar minyak dalam wajah yang berlebih sehingga menyumpat pori-pori dan akan timbul Jerawat.

Jerawat

Berbagai informasi tentang Penyebab Jerawat diatas tentunya di dapat dari berbagai sumber yang dipercaya, dan semoga saja anda bisa mengambil banyak manfaat serta referensi berharga dari ulasan informasi ini. Terima kasih juga karena di SitKes.com anda telah menyimak informasi tentang Pencegahan Jerawat.

Advertisement

Leave a Reply