Penyakit Asam Urat

SitKes.com – Penyakit Asam Urat  saat ini menjadi sebuah penyakit yang sering kali dialami oleh orang-orang yang berusia 30 tahun keatas. Akan tetapi hal ini jangan dikira menjadi penyakit ringan, karena Penyakit Asam Urat ini jika sedang meradang maka tidak akan terbayang sakitnya oleh penderita.

Penyakit Asam Urat

Asam Urat merupakan zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Zat asam urat ini biasanya akan dikuluarkan oleh ginjal melalui urine dalam kondisi normal. Namun dalam kondisi tertentu, ginjal tidak mampu mengeluarkan zat asam urat secara seimbang sehingga terjadi kelebihan  dalam darah. Kelebihan zat asam urat ini akhirnya menumpuk dan tertimbun pada persendian-persendian dan tempat-lainnya termasuk di ginjal itu sendiri dalam bentuk kristal-kristal.

Penyebab Asam Urat karena terjadinya penumpukan zat purin didalam tubuh. Zat purin tersebut merupakan zat yang terkadnung disetiap bahan makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging dan tumbuhan. Maka dari itu, jika anda sering mengkonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup, maka zat purin yang terkandung didalamnya akan berpindah ke dalam tubuh anda. Makanan yang masuk kedalam tubuh akan diolah melalui proses metanolisme dan menghasilkan asam urat. Hal ini berarti pada setiap orang memiliki kadar asam urat. Hanya saja, jika kadar asam uratnya berlebihan dikarenakan mengkonsumsi zat purin berlebihan dan akan menyebabkan ketidak mampuan ginjal dalam mengeluarkannya, sehingga membuat kristal Asam Urat menumpuk di bagian persendian dan hal inilah yang menyebabkan mengapa persendian akan terasa nyeri dan bengkak.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa nyeri sendi memang merupakan indikator utama datangnya asam urat. Namun tidak semua perasaan nyeri di persendian bisa disimpulkan bahwa seseorang terkena asam urat. Untuk lebih jelasnya SitKes.com akan memberikan informasi tentang Gejala Asam Urat, dan lebih baik langsung saja anda simak seperi dibawah ini.

  1. Bagian persendian terasa nyeri, ngilu, bahkan tampak bengkak dan meradang (berwarna kemerahan).
  2. Umumnya, persendian akan terasa nyeri pada malam hari atau pagi hari saat bangun tidur.
  3. Nyeri sendi yang ditimbulkan terjadi berulang kali.
  4. Bagian-bagian yang biasa diserang adalah sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku dan pergelangan tangan.
  5. Pada kasus yang parah, persendian akan mengalami nyeri hebat saat bergerak.
  6. Jika anda mengalami gejala-gejala seperti itu, sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter agar bisa diatasi sedini mungkin.

Adanya gejala atau tanda awal dari asam urat yang tidak segera ditangani dengan cepat akan menjadikan gejala awal tersebut berubah kepada gejala yang lebih kronis. Gejala yang sudah kronis tentu akan lebih menyulitkan kita untuk mengobati dan menyembuhkan.

Selain itu Asam Urat bisa dicegah dengan melakukan beberapa tips bagi Penderita Asam Urat yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium, konsumsi makanan yang tinggi akan vitamin C, konsumsi buah dan sayur yang terbukti bisa meredakan Penyakit Asam Urat, konsumsi karbohidrat kompleks, hindari  pengkonsumsian karbohidrat sederhana seperti gula, permen, sirup serta hindari pekerjaan yang terlalu keras.

Gejala Penyakit Asam Urat seperti diatas merupakan gejala awal bagi orang yang terkena Penyakit Asam Urat, dengan adanya informasi yang telah diberikan semoga akan menambah wawasan kita semua dalam mengetahui Penyebab Penyakit Asam Urat yang terjadi pada seseorang dan diri kita sebelum penyakit tersebut menjadi kronis. Dengan menjaga pola makan dan menjalani kehidupan dengan lebih baik, maka akan sangat membantu dalam mengatasi Penyakit Asam Urat.

Penyakit Asam Urat

Semoga saja anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari informasi tentang Penyakit Asam Urat, informasi ini diambil dari beberapa sumber terpercaya. Terima Kasih juga karena anda telah menyimak informasi Penyebab Penyakit Asam Urat di Sitkes.com.

Advertisement

Leave a Reply