Penyakit Diabetes

SitKes.com – Penyakit Diabetes bukan hanya masalah bagi warga di Negara-negara maju saja, karena penyakit ini mengancam kehidupan seluruh umat manusia di dunia. Hal yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah penyakit ini bukan lagi dominasi kelompok usia tua saja melainkan juga orang-orang yang lebih muda. Bahkan beberapa penelitian telah melaporkan bahwa saat ini banyak remaja yang terancam mengalami penyakit yang satu ini.

Penyakit Diabetes

Diabetes atau yang umum dikenal dengan istilah Kencing Manis ini merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah yang terus menerus dan bervariasi, terutama setelah makan. Selain itu Diabetes juga merupakan keadaan hiperglikemia kronik disertai berbagai kelainanmetabolik akibat gangguan hormonal, yang menimbulkan berbagai komplikasi kronik pada mata, gigi dan pembuluh darah, disertai lesi pada lembaran basalis dalam pemeriksaan dengan menggunakan mikroskop elektron.

Dari definisi Penyakit Diabetes dan gambaran secara umumnya dapat disimpulkan bahwa penyakit yang lebih sering dikenal sebagai penyakit kencing manis ini adalah penyakit kronik yang diakibatkan oleh ketidak mampuan organ tubuh (pankreas) untuk memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup, atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang telah dihasilkan oleh pankreas secara efektif, atau juga karena gabungan kedua-duanya. Selain itu Penyakit Diabetes dan faktor serta sebab dasar terjadinya kenaikan kadar gula di atas inilah akhirnya Penyakit Diabetes dibagi menjadi tiga (3) tipe, yaitu:

  1. Diabetes melitus tipe 1, yakni diabetes mellitus yang disebabkan oleh oleh kurangnya produksi hormon insulin oleh organ pankreas.
  2. Diabetes melitus tipe 2, yakni diabetes mellitus yang disebabkan oleh kurangnya respon tubuh terhadap insulin sehingga penggunaan hormon tersebut menjadi tidak efektif.
  3. Diabetes gestasional, yakni penyakit diabetes yang sebabkan tubuh tidak bisa merespon hormon insulin karena adanya hormon penghambat respon yang dihasilkan oleh plasenta selama proses kehamilan.

Gejala awal dari Penyakit Diabetes ini merupakan ciri-ciri awal yang terjadinya kelainan terhadapa kadar insulin dalam darah yang akan menyebabkan berat badan akan turun dengan cepat, sering kesemutan, luka yang sulit sembuh, mudah lelah, sering buang air kecil, haus berlebih, mengalami gangguan fungsi hormonal, memiliki kadar kolseterol yang tinggi, depresi dan masih banyak lainnya.

Penyebab diabetes umumnya berawal dari konsumsi makanan yang tidak terkendali, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung rasa manis atau gula tinggi. Selain itu gaya hidup yang berkecepatan tinggi dan penuh stress, nutrisi yang tidak tepat dan tidak cukupnya olahraga mempercepat perkembangan diabetes pada usia yang cukup dini. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab diabetes dan mengetahui cara mengendalikan diabetes.

Terapi paling ampuh untuk menyembuhkan diabetes, baik tipe 1 maupun 2, adalah dengan merevitalisasi pankreas. Bagi Anda yang masih suspect diabetes mungkin mudah berdamai dengan pankreas, menggunakan terapi terbaru revitalisasi fungsi pankreas.

Gejala Penyakit Diabetes seperti diatas merupakan gejala awal bagi orang yang terkena Penyakit Diabetes, dengan adanya informasi yang telah diberikan semoga akan menambah wawasan kita semua dalam mengetahui Penyebab Penyakit Diabetes yang terjadi pada seseorang dan diri kita sebelum penyakit tersebut menjadi kronis. Dengan menjaga pola makan dan menjalani kehidupan dengan lebih baik, maka akan sangat membantu dalam mengatasi Penyakit Diabetes.

Penyakit Diabetes

Semoga saja anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari informasi tentang Penyakit Diabetes, informasi ini diambil dari beberapa sumber terpercaya. Terima Kasih juga karena anda telah menyimak informasi Penyebab Penyakit Diabetes di Sitkes.com.

Advertisement

Leave a Reply