Penyakit Diare

SitKes.com – Keadaan abnormal dari tubuh yang menyebabkan tidak nyaman merupakan salah satu ciri dari penyakit yang menyerang tubuh kita. Salah satu penyakit yang banyak terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat yaitu Penyakit Diare yang dapat menyerang siapa saja, baik itu anak-anak mauoun orang dewasa.

Penyakit Diare

Diare merupakan sebuah penyakit dimana si penderita mengalami rangsangan yang sangat hebat untuk buang air besar yang terus menerus dan tinja dari orang yang mengalami Penyakit Diare ini memiliki kandungan air yang berlebihan. Diare bukanlah penyakit yang dapat dengan sendirinya, akan tetapi biasa terjadi karena ada sektor pemicu yang dapat menyebabkan timbulnya Penyakit Diare.

Penyakit Diare

Seperti yang anda ketahui bersama, orang dewasa normalnya melakukan buang air besar sebanyak satu atau dua kali sehari, sedangkan pada penyakit diare ini, buang air besar lebih sering yaitu lebih dari tiga kali sehari. Akan tetapi pada anak dan bayi frekuensi BAB normal bisa saja lebih sering terjadi dari pada orang dewasa, maka dari itu jangan mengira bahwa bayi diare walaupun buang air besarna lebih tiga kali.

Penyakit Diare digolongkan menjadi 2 yaitu Diare Akut dan Diare Kronis. Gejala Diare yang biasanya disertai dengan buang air besar encer atau sering, karam perut, nyeri perut, demam, darah dalam tinja, kembung.

Penyebab Diare juga dapat terjadi ketika makanan dan cairan yang anda makan berlalu terlalu cepat atau terlalu besar jumlahnya pada saluran pencernaan (Usus). Secara normal, usus besar akan menyerap cairan dari makanan yang anda makan, dan meninggalkan kotoran yang setegah padat. Akan tetapi ketika cairan dari makanan yang dikonsumsi tidak diserap, maka hasilnya yaitu feses akan cair.

Selain itu Penyakit Diare ada kaitannya dengan infeksi virus atau bakteri yang terdapat dalam makanan dan berefek keracunan makanan. Salah satu gejala lainnya dari penyakit diare adalah gastroenteritis. Gastroenteritis adalah peradangan pada saluran pencernaan yang diakibatkan oleh infeksi atau keracunan makanan. Cara penggulangan diare antara lain :

  1. Meminum oralit atau dapat membuatnya sendiri dengan melarutkan 1 sendok teh garam dan 8 sendok teh gula dalam 1 liter air matang.
  2. Jaga hidrasi dengan elektrolit yang seimbang. Ini merupakan cara paling sesuai di kebanyakan kasus diare, bahkan disentri. Mengkonsumsi sejumlah besar air yang tidak diseimbangi dengan elektrolit yang dapat dimakan dapat mengakibatkan ketidakseimbangan elektrolit yang berbahaya dan berakibat fatal
  3. Mencoba makan lebih sering tapi dengan porsi yang lebih sedikit, frekuensi teratur, dan jangan makan atau minum terlalu cepat.
  4. Menjaga kebersihan dan isolasi: Kebersihan tubuh merupakan faktor utama dalam membatasi penyebaran penyakit

Secara umum Penyebab Diare antara lain terjadi karena infeksi virus, infeksi bakteri dan parasit, intoleransi makanan, alergi terhadap makanan, reaksi negatif terhadap makanan, penyakit usus, gangguan terhadap fungsi usus. Dan salah satu Pencegahan Penyakit Diare yaitu Mencuci Tangan Dengan Sabun. Karena tangan merupakan salah stu bagian tubuh yang paling sering melakukan kontak langsung dengan benda lain, maka sebelum makan disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun agar terhindar dari bakteri Penyebab Diare.

Baca juga: Penyakit Chikungunya

Demikianlah beberapa informasi tentang Penyakit Diare seperti diatas yang sebaiknya anda semua ketahui. Namun selain mengetahu Gejala Penyakit Diare, anda juga sebaiknya harus mengetahui Penyebab Penyakit Diare. Dimana pada umumnya Biang keringat ini bisa terjadi entah karena pola hidup yang tidak sehat, cuaca atau bahkan lingkungan anda.

Penyakit Diare

Berbagai informasi tentang Penyakit Diare diatas tentunya di dapat dari berbagai sumber yang dipercaya, dan semoga saja anda bisa mengambil banyak manfaat serta referensi berharga dari ulasan informasi ini. Terima kasih juga karena di SitKes.com anda telah menyimak informasi tentang Pencegahan Penyakit Diare.

Advertisement

Leave a Reply