Penyakit Epilepsi

SitKes.com – Epilepsi adalah suatu gangguan pada Sistem syaraf otak manusia karena terjadinya aktivitas yang berlebihan dari sekelompok sel neuron pada otak sehingga menyebabkan berbagai reaksi pada tubuh manusia mulai dari kesemutan, bengong, gangguan kesadaran, kejang-kejang dan kontraksi otot. Epilepsi atau yang sering kita sebut ayan atau sawan tidak disebabkan atau dipicu oleh bakteri atau virus dan gejala epilepsi dapat diredam dengan bantuan bantuan orang disekitar penderita.

Penyakit Epilepsi

Penyakit Epilepsi merupakan penyakit yang dapat terjadi pada siapapun walaupun dari garis keturunan yang tidak ada kaitannya dengan Penyakit Epilepsi. Selain itu Penyakit Epilepsi adalah penyakit yang berbahaya karena sewaktu-waktu bisa menyerang kita dan apabila sudah terkena penyakit ini, anda haruswaspada karena dimana saja Penyakit Epilepsi ini bisa kambuh dan apabila tidak ada orang yang menolong, maka akan berakibat fatal bagi penderitanya.

Epilepsi

Tak jarang banyak orang tua yang frustasi begitu mengetahui bahwa anaknya mengidap Epilepsi. Dengan kejang-kejang mendadak yang menakutkan dan masa deoa suram langsung berkelebatan. Otak kita terdiri dari jutaan sel saraf atau neuron yang bertugas mengkoordinasi semua aktivitas tubuh termasuk perasaan, penglihatan, berpikir dan menggerakan otot. Pada penderita Epilepsi terkadang sinyal-sinyal sel syaraf otak tidak beraktivitas sebagaimana mestinya. Hal ini terjadi karena berbagai unsur, antara lain diduga karena pernah terjadi trauma dikepala, adanya kerusakan pada otak dalam proses kelahiran, stokre dan tumor otak.

Pengobatan seperti perawatan medis dan terkadang operasi biasanya berhasil menghilangkan gejala atau mengurangi frekuensi dan intensitas dari kejang-kejang. Pada beberapa anak penderita epilepsi, mereka dapat mengatasi kondisi ini seiring dengan bertambahnya usia. Baru-baru ini para peneliti menemukan, epilepsi mengganggu fungsi neurologis yang mempengaruhi fungsi sosial dalam otak, sifat yang sama terlihat juga pada penderita autisme. Karakteristik ini termasuk gangguan dalam interaksi sosial dan komunikasi.

Gejala Penyakit Epilepsi disebabkan oleh tidak normalnya aktivitas sel otak, kejang-kejang dapat berdampak pada proses kordinasi otak anda. Penyakit Epilepsi yang terjadi apabila mengalami kejang-kejang dapat menghasilkan, kebingungan yang temporer, gerakan menghentak yang tidak terkontrol pada tangan dan kaki, hilang kesadaran secara total.

Perbedaan gejala yang terjadi tergantung jenis kejang-kejang. Pada banyak kasus, orang dengan epilepsi akan cenderung memiliki jenis kejang-kejang yang sama setiap waktu, jadi gejala yang terjadi akan sama dari kejadian ke kejadian. Dokter mengklasifikasikan kejang-kejang secara parsial atau general, berdasarkan bagaimana aktivitas otak yang tidak normal dimulai. Pada beberapa kasus, kejang-kejang dapat dimulai secara parsial dan kemudian menjadi general.

Anda tentunya harus mengenal Faktor Resiko Penyakit Epilepsi agar anda bisa menanggulanginya dengan cepat. Banyak media informasi seperti halnya situs-situs di internet yang akan memberikan informasi tentang apa saja Gejala Penyakit Epilepsi. SitKes.com pun tidak ingin ketinggalan untuk membantu anda semua dengan menghadirkan informasi tentang Penyakit Epilepsi. Dan lebih baik memang langsung saja anda semua simak Penyebab Penyakit Epilepsi di bawah ini.

Pengaruh genetik
Beberapa tipe epilepsi menurun pada keluarga, membuatnya seperti ada keterkaitan dengan genetik.

Trauma pada kepala
Kecelakaan mobil atau cedera lain dapat menyebabkan epilepsi.

Penyakit medis
Stroke atau serangan jantung yang menghasilkan kerusakan pada otak dapat juga menyebabkan epilepsi. Stroke adalah penyebab yang paling utama pada kejadian epilepsi terhadap orang yang berusia lebih dari 65 tahun.

Demensia
Menyebabkan epilepsi pada orang tua.

Cedera sebelum melahirkan
Janin rentan terhadap kerusakan otak karena infeksi pada ibu, kurangnya nutrisi atau kekurangan oksigen. Hal ini dapat menyebabkan kelumpuhan otak pada anak. Dua puluh persen kejang-kejang pada anak berhubungan dengan kelumpuhan otak atau tidak normalnya neurological.

Perkembangan penyakit
Epilepsi dapat berhubungan dengan perkembangan penyakit lain, seperti autis dan down syndrome.

Baca juga: Penyakit Rematik

Demikianlah beberapa Gejala Penyakit Epilepsi yang sebaiknya anda semua ketahui. Namun selain Ciri Ciri Penyakit Jantung, anda juga sebaiknya harus mengetahui Penyebab Penyakit Epilepsi.

Penyakit Epilepsi

Berbagai informasi tentang Penyakit Epilepsi diatas tentunya di dapat dari berbagai sumber yang dipercaya, dan semoga saja anda bisa mengambil banyak manfaat serta referensi berharga dari ulasan informasi ini. Terima kasih juga karena di SitKes.com anda telah menyimak informasi tentang Gejala Penyakit Epilepsi.

Advertisement

Leave a Reply