Penyakit Gagal Ginjal

SitKes.com – Penyakit Gagal Ginjal terjadi karena menurunnya dari fungsi ginjal secara mendadak yang terlihat dari pada penurunan Glomeruli Filtration Rate (GFR) atau Tes Kliren Kreatinin (TKK) dan juga terganggunya suatu kemampuna ginjal untuk mengeluarkan produk-produk sisa dari metabolisme.

Penyakit Gagal Ginjal

Penyakit Gagal Ginjal ini merupakan salah satu penyakit yang ciri-ciri penyakit gagal ginjal ini tidak banyak disadari oleh banyak orang. Karena pada dasarnya penyakit gagal ginjal ini merupakan penyakit yang membunuh secara diam-diam (silent disease and silent killer), sehingga tak sedikit orang yang memiliki ciri-ciri penyakit gagal ginjal selalu mengabaikan dan dianggap sebagai penyakit biasa saja.

Penyakit Gagal Ginjal

Ciri-Ciri Penyakit Gagal Ginjal yang paling umum adalah adanya perubahan warna urine dan Anda mengalami sakit atau nyeri pada saat buang air kecil. Memang seringkali ciri-ciri penyakit gagl ginjal ini hampir sama dengan penyakit umum lainnya, sehingga penangan biasanya acap kali terlambat.

Anda tentunya harus mengenal Penyebab Penyakit Gagal Ginjal agar anda bisa menanggulanginya dengan cepat. Banyak media informasi seperti halnya situs-situs di internet yang akan memberikan informasi tentang apa saja Gejala Gagal Ginjal. SitKes.com pun tidak ingin ketinggalan untuk membantu anda semua dengan menghadirkan informasi tentang Penyakit Gagal Ginjal. Dan lebih baik memang langsung saja anda semua simak Ciri-Ciri Penyakit Gagal Ginjal di bawah ini.

Kepala Pusing dan Sulit berkonsentrasi

Jika anda mengalami gejala anemia yang tentunya berkaitan dengan penyakit gagal ginjal, hal ini berarti bahwa otak anda kurang mendapatkan oksigen yang cukup sehingga mengakibatkan pusing kepala dan susah untuk berkonsentrasi. Bahkan ada yang sampai kehilangan keseimbangan sewakyu berjalan karena parahnya anemia yang dirasakannya.

Rasa gatal yang berlebihan atau disebut dengan kulit ruam

Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi ginjal yang paling utama adalah untuk membuang limbah atau kotoran dari aliran darah. Jika fungsi ginjal sudah tidak berfungsi normal maka akan terdapat penumpukan kotoran didalam tubuh yang mengakibatkan rasa gatal yang berlebihan. Pada umumnya rasa gatal yang parah ini biasanya juga disertai dengan pembengkakan diberbagai bagaian tubuh pasien seperti tangan, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dll.

Tubuh Merasa Kedinginan

Penderita penyakit gagal ginjal biasanya juga merasakan kedinginan sepanjang waktu, walaupun ia berada di suhu yang hangat. Biasanya menyerang pada malam hari ketika ia bangun tidur dengan tubuh dingin sampai mengigil.

Sesak Nafas

Sesak nafas juga berkaitan dengan penyakit gagal ginjal. Dimana ada dua masalah sehingga menimbulkan ganguan pada pernafasan Anda. Sesak nafas untuk kasus yang pertama adalah adanya cairan yang berlebih karena tidak berfungsinya ginjal sehingga cairan tersebut akan menutup saluran paru-paru. Dan kedua, anemia (kekurangan oksigen pembawa sel-sel darah merah) yang mengakibatkan tubuh anda kekurangan oksigen dan kehabisan nafas. Pada kasus ciri-ciri penyakit ginjal sesak nafas ini, biasanya pasien gagal ginjal akan sulit tidur karena kesulitan bernafas dan perut kembung terus-menerus. Aktisitas yang memerlukan sedikit gerak fisik pun akan terasa sangat berat.

Baca juga: Penyakit Epilepsi

Demikianlah beberapa Gejala Penyakit Gagal Ginjal yang sebaiknya anda semua ketahui. Namun selain Ciri Ciri Penyakit Gagal Ginjal, anda juga sebaiknya harus mengetahui Penyebab Penyakit Gagal Ginjal.

Penyakit Gagal Ginjal

Berbagai informasi tentang Penyakit Gagal Ginjal diatas tentunya di dapat dari berbagai sumber yang dipercaya, dan semoga saja anda bisa mengambil banyak manfaat serta referensi berharga dari ulasan informasi ini. Terima kasih juga karena di SitKes.com anda telah menyimak informasi tentang Gejala Penyakit Gagal Ginjal.

Advertisement

Leave a Reply