Penyakit Glaukoma

SitKes.com – Penyakit mata satu ini bisa menyebabkan kebutaan jika tak cepat ditangani, penyakit ini disebut Glaukoma. Glaukoma merupakan penyakit mata yang tidak ditandai dengan gejala secara langsung, penyakit ini diakibatkan oleh cairan yang keluar mengalami hambatan dan akan menekan bola mata yang terdapat di belakang bola mata sehingga aliran darah ke saraf menjadi mati, dan akan mengakibatkan penglihatan semakin berkurang & kebutaan.

Penyakit Glaukoma

Penyakit Glaukoma disebabkan karena saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga bola mata akan membesar dan bola mata akan menekan saraf mata yang beada dibelakang bola mata yang pada akhhirnya saraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga saraf mata akan mati. Ada dua jenis Glaukoma yang umum yakni sudut-tertutup dan sudut-terbuka. Keduanya kerap terjadi pada pria dan wanita berusia di atas 40 tahun.

Penyakit Glaukoma

Seseorang harus belajar bagaimana mengidentifikasi gejala glaukoma agar mencegah komplikasi dan kerusakan yang tak bisa disembuhkan total. Pemeriksaan mata secara teratur bisa mengidentifikasi glaukoma sebelum terjadi kerusakan permanen pada saraf atau penglihatan. Pemeriksaan mata disarankan setiap empat tahun untuk seseorang di bawah usia 45 tahun, dan tahunan bagi orang yang lebih dari 50 tahun.

Glaukoma bisa menyebabkan kehilangan penglihatan atau kebutaan. Jika ada infeksi mata atau kehilangan penglihatan, datangi dokter sesegera mungkin untuk mencegah komplikasi. Selain itu Gejala Glaukoma dapat diketahui apabila memandang lampu atau sumber cahaya, maka akan timbul warna pelangi di sekitar neon tersebut.

Mata terasa sakit karena posisi mata dalam keadaan membengkak, penglihatan yang tadinya kabur lama kelamaan akan kembali normal, rasa ingin mengedip terus-menerus dengan menekan kedipan berlebihan. Hal inilah yang membuat para penderita glaukoma tidak menyadari bahwa ia sudah menderita penyakit mata yang kronis. Penyakit mata glaukoma ini dapat diderita kedua mata dari si penderita.

Ada beberapa Gejala Penyakit Glaukoma yang bisa anda ketahui, diantaranya :

  • Perhatikan sakit mata yang tiba-tiba atau sakit berat yang menyebabkan sensasi berdenyut pada satu atau kedua mata. Seringkali, nyeri itu dialami di kamar yang gelap atau di malam hari. Stres jug bisa mendorong gejala yang membuat orang salah melihatnya sebagai sakit kepala karena tegang.
  • Penglihatan kabur atau penglihatan menurun dari waktu ke waktu. Kadang-kdang, orang mengalami apa yang disebut dengan ‘efek halo’ di sekitar benda-benda tertentu, terutama pada lampu.
  • Mual dan muntah merupakan efek yang umum dari masalah penglihatan, terutama yang berkaitan dengan kedua jenis glaukoma.
  • Waspada dengan gejala yang datang dan pergi tapi kronis. Seseorang yang menderita glaukoma sudut terbuka tak mengalami gejala sama sekali, tapi kemudian penglihatannya.

Glaukoma memang tidak bisa disembuhkan, dan kerusakan tidak bisa dikembalikan tapi bisa dikendalikan dengan beberapa perawatan serta mengubah gaya hidup Anda. Anda tentunya harus mengenal Penyakit Glaukoma agar anda bisa menanggulanginya dengan cepat. Banyak media informasi seperti halnya situs-situs di internet yang akan memberikan informasi tentang apa saja Gejala Penyakit Glukoma. SitKes.com pun tidak ingin ketinggalan untuk membantu anda semua dengan menghadirkan informasi tentang Penyebab Penyakit Glukoma. Dan lebih baik memang langsung saja anda semua simak Pengobatan Penyakit Glukoma di bawah ini.

Menjaga Tingkat Stress

Penderita glaukoma harus menghindari mata lelah dengan membaca atau menonton televisi terlalu banyak. dan juga anda harus bisa menjaga tingkat stress tetap rendah agar bisa mengurangi tekanan dimata.

Mencoba Akupuntur

Meskipun akupunktur tidak menurunkan tekanan mata, para peneliti menunjukkan cara itu dapat meningkatkan akurasi penglihatan sentral Anda. Akupunktur melibatkan keyakinan bahwa memindahkan aliran energi kehidupan (atau chi) dalam tubuh Anda bisa membantu menyembuhkan penyakit. Acupuncturist akan mencoba untuk menyeimbangkan aliran energi ke mata Anda.

Hindari Munuman Dengan Kafein Berlebih

Menurut agingeye.net, sebuah studi baru-baru ini membuktikan bahwa kopi tanpa kafein tidak meningkatkan tekanan di mata, tapi kopi berkafein bisa meningkatkan tekanan.

Baca juga: Penyakit Gagal Ginjal

Demikianlah beberapa Gejala Penyakit Galukoma yang sebaiknya anda semua ketahui. Namun selain Penyebab Penyakit Glukoma, anda juga sebaiknya harus mengetahui Gejala Penyakit Glukoma.

Penyakit Glaukoma

Berbagai informasi tentang Penyakit Penyakit Glukoma diatas tentunya di dapat dari berbagai sumber yang dipercaya, dan semoga saja anda bisa mengambil banyak manfaat serta referensi berharga dari ulasan informasi ini. Terima kasih juga karena di SitKes.com anda telah menyimak informasi tentang Gejala Penyakit Glukoma.

Advertisement

Leave a Reply