Penyakit Hernia

SitKes.com – Tonjolan yang muncul pada suatu organ tubuh misalnya dingding organ yang melalui rongga yang biasanya berisi merupakan suatu gejala dari Penyakit Hernia. Hernia secara medis merupakan perpindahan organ tubuh dari suatu ruangan ke ruangan lain, sehingga bisa terjadi dipusar, otak. Akan tetapi Hernia paling sering terdapat dilipatan paha berupa benjolan yang hilang timbul, dan dimana orang awam biasanya menyebut turun bero.

Penyakit Hernia

Hernia merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh turunnya usus ke bawah selaput perut sampai terkadang kebuah zakar. Dari beberapa kasus yang diketahui, bahwa penyakit hernia umumnya sering terjadi pada pekerja yang banyak mengangkut benda atau barang berat. Gejala Klinik pada Penyakit Hernia ini mulanya terasa mual pada daerah terjadi hernia, nyeri yang keras. Terjadi benjolan pada lokasi hernia, terjadinya gelembung pristal yang mudah didengar, dan apabila otot sudah mengendor, maka benjolan mulai menghilang. Kadang-kadang perut kembung disertai mual dan muntah.

Penyakit Hernia

Adapaun Gejala-Gejala Penyakit Hernia yang dapat dijadikan acuan dari keberadaan penyakit ini antara lain :

  • Rasa sakit diarea perut bagian bawah.
  • Adanya benjolan usus diperut bagian bawah.
  • Sakit akan bertambah hebat apabila bekerja terlalu berat atau mengangkat bebab berat.

Penyakit Hernia pada orang dewasa bisa terjadi secara tiba-tiba dan mendadak, atau bisa juga melalui suatu perkembangan yang lambat dan membutuhkan proses yang lama sekali. Selain itu juga Penyakit Hernia ini bisa juga dialami oleh bayi atau balita. Mereka yang berusia muda atau berusia remaja, jika mengalami penyakit ini bisa disebabkan karena mengidap Penyakit Hernia sejak masih kecil atau bawaan lahir.

Penyebab Penyakit Hernia yang terjadi pada orang biasa dikarenakan adanya tekanan yang tinggi dalam tongga perut dan karena faktor usia yang menyebabkan lemahnya otot dingding perut. Penyakit Hernnia dapat ditularkan memalui makanan dan minuman. Untuk mencegah Penyakit Hernia, hindari angkat beban yang terlalu berat, usahakan buang air besar sevara teratur dengan banyak mengkonsumsi serat agar tidak terjadi mengejan terlalu kuat dan jika ada batuk segera obati agar tekanan dirongga perut tidak meninggi akibat batuk-batuknya.

Cara Mengatasi Penyakit Hernia ini biasanya diharuskan untuk melakukan operasi pembedahan, hal ini bertujuan untuk menutup lubangnya kemabali atau bisa juga dengan menggunakan penahan khusus agar Hernia tidak mengalami pembesaran.

Macam-macam Penyakit Hernia menurut tempatnya : Hernia Inguinalis kira-kira 80%, Hernia Fermoralis, Hernia Umbilikalis 50 % terjadi pada wanita yang berusia 50 tahun ketas, dan Hernia Skrotalis pada pria serta Hernia Labialus pada wanita. Selain itu Penyakit Hernia yang kebanyak menyerang kaum pria juga memiliki bebebrap tingktan atau jenis diantaranya yaitu :

  • Hernia Redusible, dimana Hernia ini masih dapat kembali, jadi jika isi Hernia itu usus, maka usus yang masuk kantong hernia itu kadang-kadang kempis kembali.
  • Herbia Irreduceble, dalam hal ini Hernia tidak dapat susut kembali ke dalam rongga perut, isi usus masih dapay berjalan dengan lancar.
  • Hernia Inkarserata, Hernia jenis ini menyebabkan usus terjepit pada pintu Hernia, maka akan terlihat adanya tanda-tanda ileus.

Baca juga: Penyakit Biang Keringat

Diatas mungkin beberapa Pencegahan Penyakit Hernia yang sebaiknya anda semua ketahui. Namun selain Ciri Ciri Penyakit Hernia, anda juga sebaiknya harus mengetahui Penyebab Penyakit Hernia. Dimana pada umumnya Penyakit Hernia ini bisa terjadi karena sering mengangkat beban yang berat.

Penyakit Hernia

Berbagai informasi tentang Gejala Penyakit Hernia diatas tentunya di dapat dari berbagai sumber yang dipercaya, dan semoga saja anda bisa mengambil banyak manfaat serta referensi berharga dari ulasan informasi ini. Terima kasih juga karena di SitKes.com anda telah menyimak informasi tentang Penyakit Hernia.

Advertisement

Leave a Reply