Penyakit Kista

SitKes.com – Kista merupakan salah satu penyakit yang berasal dari tumor jinak. Kista ini berbentuk istik, berisi cairan kental dan ada pula yang berbentuk seperti anggur. Selain itu Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah ataupun bahan-bahan lainnya. Kista juga merupakan tumor jinak yang terbungkus selaput jaringan dan kumpulan sel-sel tumor itu akan tepisah dengan jaringan normal disekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Itulah sebabnya tumor jinak relatif mudah diangkar dengan jalan pembedahan dan tidak membahayakan kesehatan penderitanya.

Penyakit Kista

Penyebab Penyakit Kista yang sering terjadi pada wanita ini dikarenakan mengalami gangguan pembentukan hormon pada hipotalamus hipofise (organ yang mengatur pembentukan hormon pada manusia) dan juga gangguan pembentukan hormon indung telur.

Umunya terdapatnya Kista pada seorang wanita tidak disadari oleh penderitanya dan menghilang sebelum wanita mengetahui adanya Kista tersebut. Meski demikian, ada beberapa wanita yang mengeluh karena adanya nyeri di daerah perut atau perut bagian bawah. Rasa nyeri akan timbul apabila Kista mengalami pecah dan akan berakibat membesarnya kista dan peregangan jaringan disekitarnya, pendarahan di dalam Kista atau karena terpuntirnya Kista yang mengganggu pembuluh darah disekitarnya. Kista yang berukuran besar dapat menimbulkan penekanan atau pergeseran organ disekitarnya.

Karena tidak sering timbul Gejala Penyakit Kista, kista umumnya baru diketahui saat pasien menjalani pemeriksaan ultrasonografi (USG), atau pemeriksaan di daerah perut bagian bawah. Pada wanita berusia kurang dari 40 taun, kista biasanya berupa kista folikuler atau kista korpus luteum yang tidak berbahaya. Kista jenis ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Akan tetapi bagi sebagian wanita akan merasakan Ciri-Ciri Penyakit Kista awalnya seperti keluhan nyeri ketika menjelang atau dalam masa haid, beberapa penderita bahkan bisa sampai pingsan karena tidak tahan.

Ciri-Ciri Penyakit Kista pada penderita seperti berikut :

  1. Nyeri perut pada bagian bawah.
  2. Haid yang sangat banyak atau justru terlalu sedikit.
  3. Sering merasa ingin buang air besar / kecil karena jaringan kista terus membesar semakin menekan kandung kemih se.Perubahan pola haid, misalnya terlambat haid atau pendarahan diantara periode haid
  4. Pendarahan organ intim rahim yang hebat dan tidak teratur.
  5. Nyeri perut hebat disertai mual dan muntah.
  6. Pembesaran perut akibat beberapa jenis kista yang cenderung tumbuh makin besar.
  7. Rasa sakit seperti digigit semut dibagian bawah perut kiri dan kanan secara bergantian.
  8. Keluhan sakit pada pinggang bagian belakang.
  9. Ciri Ciri Dari Penyakit Kista Yang Terakhir Jika kista pecah misalnya saat berhubungan seksual penderita akan merasa nyeri bertambah bila melakukan aktivitas fisik berat.

Keluhan Keluhan Seperti Itulah Yang Menjadi Ciri Ciri Penyakit Kista Yanh Harus Anda Waspadai. untuk menuntaskan semua keluhan itu tentu anda harus memilih obat yang tepat, jika tidak bisa saja berbahaya.

Ada kista yang dapat dicegah dan ada pula yang tidak. Kista yang berasal dari sisa-sisa sel embrional jelas tidak dapat dicegah karena sudah ada sejak lahir. Namun, kemunculan kista jenis lain sebenarnya dapat dicegah, termasuk pada orang yang secara keturunan (herediter) memiliki bakat kista, miom atau adenomiosis. Caranya tak lain adalah dengan menjalani pola hidup sehat, seperti pola makan yang baik dan berolahraga secara teratur.

Demikianlah informasi Gejala Penyakit Kista diatas memang akan sangat membantu anda semua untuk menjaga kesehatan. Selain itu Penyakit Kista dapat dicegah dengan cara menjalani pola hidup sehat, seperti pola makan yang baik dan berolahraga secara teratur.

Penyakit Kista

Informasi tentang Penyakit Kista yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber oleh SitKes.com ini semoga saja bisa memberikan banyak manfaat dan inspirasi berharga untuk anda semuanya. Terima kasih juga karena di SitKes.com anda telah menyimak informasi Ciri-Ciri Penyakit Kista.

Advertisement

Leave a Reply