Penyakit Rematik

SitKes.com – Penyakit Rematik umumnya menyerang orang tua, namun tetap tidak menutup kemungkinan anda orang muda juga bisa terkena salah satu Jenis Penyakit Rematik, karena disebabkan gaya hidup tidak sehat. Mandi yang dilakukan pada malam hari juga termasuk salah satu penyebab rematik, terutama di kota sibuk.

Penyakit Rematik

Rematik merupakan sekelompok penyakit yang menyerang berbagai organ dan jaringan tubuh seperti tulang, otot, bahkan darah atau oragan tubuh lainnya. Selain itu Rematik juga dapat berujung pada bahaya karena ketika telah mencapai tingkat kronisnya rematik dapat menjadi salah satu penyebab kelumpuhan pada anggota gerak tubuh penderita.

Penyakit Rematik

Penyebab Penyakit Rematik dapat disebabkan karena kegemukan dan peradangan. Peradangan ini terjadi karena kelebihan hasil metabilisme zat purin yang tertimbun di persendian dan dapat menyebabkan Rematik. Selain itu Penyebab Rematik dapat dipicu oleh kombinasi berbagai faktor, termasuk kerentanan genetik, infeksi virus atau perubahan hormon. Perempuan akan rentan terkena Penyakit Rematik dibandingkan laki-laki. Karena pada wanita yang sudah terkena Rematik, kehamilan dan menyusui dapat memperburuk kondisinya.

Rematik termasuk dalam kelompok penyakit reumatologi, yang menunjukkan suatu kondisi dengan nyeri dan kaku yang menyerang anggota gerak atau sistem muskuloskeleton, yaitu sendi, otot, tulang, maupun jaringan di sekitar sendi. Rematik banyak jenisnya, termasuk diantaranya asam urat (gout arthritis) yang merupakan jenis rematik yang paling populer dan banyak diderita penduduk Indonesia.

Penyakit Rematik atau yang dalam bahasa medisnya disebut rheumatoid arthritis (RA) adalah peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun dan diketahui terbagi dari beberapa Jenis, yang diantaranya yaitu Osteoartritis, Artritis Rematoid, Polimialgia Reumatik, Artritis Gout.

Penyakit Rematik dapat dicegah, sebelum terserang Rematik anda bisa mengatasinya dengan melakukan olahraga yang aman, kurangi aktifitras fisik yang berlebihan, idealkan berat badan, kurangi makanan yang bersumber lemak hewani, relaksasi, hindari pemakain sepatu hak tinggi bagi kaum wanita. Selain itu banyak obat untuk rematik beredar dipasaran.

Namun, obat tersebut hanya mengatasi rasa sakit untuk sementara waktu. Setelah beberapa saat, rasa nyeri atau sakit itu timbul kembali. Pada dasarnya Anda dapat mengontrol kesehatan sendiri sebelum terjadi serangan yang lebih berbahaya. Perawatan sendiri merupakan usaha yang paling mudah dan tentunya aman.

Anda tentunya harus mengenal Ciri-Ciri Penyakit Rematik agar anda bisa menanggulanginya dengan cepat. Banyak media informasi seperti halnya situs-situs di internet yang akan memberikan informasi tentang apa saja Gejala Penyakit Rematik. SitKes.com pun tidak ingin ketinggalan untuk membantu anda semua dengan menghadirkan informasi tentang Pencegahan Penyakit Rematik. Dan lebih baik memang langsung saja anda semua simak Cara Mencegah Penyakit Rematik seperti dibawah ini.

Olahraga Ringan

Olahraga yang teratur memperbaiki kondisi kekuatan dan kelenturan sendi serta memperkecil resiko terjadinya kerusakan sendi akibat radang sendi. Selain itu, olahraga memberi efek menghangatkan tubuh sehingga mengurangi rasa sakit dan mencegah pengendapan asam urat pada ujung-ujung tubuh yang dingin karena kurang pasokan darah.

Terapi Herbal

Terapi herbal dilakukan dengan memanfaatkan tumbuhan obat yang diramu. Terapi ini sudah lama dikenal dan dipraktekkan sejak berabad-abad lalu. Sudah banyak bukti empiris yang menunjukkan keampuhan herbal mengatasi hampir semua penyakit. Beragam jenis tanaman obat juga sudah diteliti secara laboratorium untuk mengetahui kandungan zat dan efeknya.

Baca juga: Penyakit Diare

Demikianlah beberapa informasi tentang Penyakit Rematik seperti diatas yang sebaiknya anda semua ketahui. Namun selain mengetahu Gejala Penyakit Rematike, anda juga sebaiknya harus mengetahui Penyebab Penyakit Rematik.

Penyakit Rematik

Berbagai informasi tentang Penyakit Rematik diatas tentunya di dapat dari berbagai sumber yang dipercaya, dan semoga saja anda bisa mengambil banyak manfaat serta referensi berharga dari ulasan informasi ini. Terima kasih juga karena di SitKes.com anda telah menyimak informasi tentang Pencegahan Penyakit Rematik.

Advertisement

Leave a Reply