Penyakit Sariawan

SitKes.com – Kekurang vitamin, dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh, salah satunya yaitu menyerang sistem kekebalan tubuh dan akan menimbulkan suatu penyakit. Penyakit yang paling umum dan dapat terjadi pada siapa saja dan semua kalangan baik dewasa, anak yaitu Penyakit Sariawan.

Penyakit Sariawan

Salah satu masalah mulut yang sangat menyiksa karena terasa sangat perih dan menggangu adalah Sariawan. Sariawan merupakan penyakit yang tergolong penyakit ringan, hanya saja akan mengurangi selera makan, lantaran rasa perih yang dialami akibat sentuhan makanan pada sariawan. Kebanyakan orang pastinya pernah mengalaminya, dimana jaringan lunak dimulut ini akan terlihat luka kemerahan dan terasa nyeri. Sariawan juga merupakan peradangan pada mukosa mulut berupa cekungan dangkal berwarna kekuningan dan dibatasi dengan daerah-daerah. Luka ini biasanya terdapat pada bagian dalam bibir, pipi, dasar mulut dan lidah serta tidak ditemukan pada gusi dan langit-langit mulut.

Sariawan memiliki jenis-jenis dan penyebabnya. Salah satu dari jenis-jenis tersebut ialah Stomatitis Afthosa (Sariawan akibat tergigit atau luka benturan sikat gigi), Oral Thrush (Disebabkan oleh jamur candida albicans, banyak ditemui di lidah), dan Stomatitis Herpetic ( Disebabkan oleh virus herpes simpleks dan belokasi belakang tenggorokan).

Sariawan yaitu salah satu penyakit yang sering terjadi dan dapat ditiumbulakan karena kekurangan vitamin C dan serat dalam tubuh. Untuk mencegah agar sariawan dapat teratasi yaitu dengan memperbanyak makanan yang mengandung serat dan vitamin C seperti sayuran dan buah-buahan. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur, tubuh anda akan mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Sariawan dapat muncul kembali pada tempat yang sama ataupun berbeda, dengan atau tanpa pemicu fisik seperti tergigit atau tergores. Penyebab utama terjadinya Penyakit Sariawan sampai saat ini masih belum diketahui pasti, akan tetapi ada beberapa faktor yang dapat memicu sariawan. Salah satu faktor terbesar yang menimbulkan Sariawan yaitu keturunan, kekurangan zat dalam darah seperti vitamin C, zat besi, folat dan komponen vitamin B lain. luka tergigit pada mulut, stress, gangguan kekebalan tubuh, serta infeksi virus atau bakteri.

Penyakit Sariawan cukup sulit untuk ditangani selama penyebabnya belum dihilangkan, Sariwan akan terus kambuh. Obat Sariawan yang tersedia dipasaran kebanyakan bersifat relif of pain atau hanya mengurangi rasa sakit, tetapi tidak akan menyembuhkan sariawan itu sendiri. Untuk mengoptimalkan penyembuhan sariawan agar tidak kambuh secara terus menerus, maka penyebabnya harus segera dicari dengan mengevaluasi setiap faktor penyebab pada penderita Sariawan. Setiap penderita bisa memiliki cara pengobatan yang berbeda sesuai dengan penyebabnya masing-masing.

Selain itu, Pencegahan Penyakit Sariawan sangatlah diperlukan untuk mencegah penyakit ini. Dan salah satu hal untuk mencegah Penyakit Sariawan diantaranya :

  1. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi.
  2. Hati-hati saat menggosok gigi agar tidak menimbulkan luka didalam mulut.
  3. Hindari memakan makanan yang terlalu panas

Informasi Gejala Penyakit Sariawan diatas memang akan sangat membantu anda semua untuk menjaga kesehatan, namun sebenarnya memang Penyakit Sariawan ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan kesehatan mulut dan gigi, hindari makanan pedas, hindari minuman pedas, banyak konsumsi sayur dan buah, konsumsi vitamin c.

Penyakit Sariawan

Informasi tentang Penyakit Sariawan yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber oleh SitKes.com ini semoga saja bisa memberikan banyak manfaat dan inspirasi berharga untuk anda semuanya. Terima kasih juga karena di SitKes.com anda telah menyimak informasi Penyebab Penyakit Sariawan.

Advertisement

Leave a Reply