Penyakit Vertigo

SitKes.com – Setiap orang harus menjaga kesehatannya dengan baik dan menerapkan pola hidup sehat sejak dini. Agar terhindar dari suatu penyakit yang menggangu kesehatan tubuh, akan tetapi beberapa orang memiliki kesibukan yang tidak jarang orang tersebut lupa dengan menjaga kesehatannya dan mengabaikan pentingnya kesehatan. Dan akibat dari mengabaikan kesehatan ini salah satunya akan berdampak datangnya suatu penyakit dan salah satunya yaitu Penyakit Vertigo.

Penyakit Vertigo

Vertigo merupakan salah satu penyakit yang berasal dari perasaan halusinasi dimana seseorang merasakan dirinya di ruangan sekitar seolah berputar dan perasaan ini disebabkan oleh adanya satu virus, penurunan aliran darah ke otak, trauma kepala, iskemi sementara karena obat-oabtab dan alkohol, migrain dan beberapa kasus epilepsi. Vertigo menunjukan ketidak seimbangan dalam tonus vestibular, hal ini dapat terjadi akibat hilangnya masukan perifer yang disebabkan oleh kerusakan pada labirin dan saraf vestibular atau juga dapat disebabkan oleh kerusakan unilateral dari sel inti vestibular.

Vertigo dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk gangguan keseimbangan. Kebanyakan orang tidak paham akan penyakit Vertigo ini, umumnya penyakit ini dikenal dengan pusing tujuh keliling, pening ataupun mumet. Terkadang beberapa orang yang mengalami bisa sampai terjatuh pingsan, karena tubuh kehilangan keseimbangan dan kehilangan energi.

Vertigo terbagi menjadi atas Vertigo Vestibular dan Vertigo non-vestibular. Vertigo Vestibular ini terganggunya system saraf keseimbangan yang dimulai dari bagian dalam telinga sampai otak besar, sedanfkan vertigo non-vestibular biasanya berupa perasaan bergiyang akibat gangguan pada system visual, misalnya kelainan refraksi mata ataupun gangguan pada system proprioseptik.

Penyebab penyakit vertigo terjadi bukan karena faktor keturunan namun beberapa faktor yang menyebabkan vertigo seperti serangan migren, radang pada leher, kelainan pada syaraf, gangguan penglihatan, mabuk kendaraan, mabuk pengaruh alkohol, dan obat-obatan, adanya infeksi bakteri pada telinga, kekurangan asupan oksigen ke otak, hingga tekanan emosional atau stress.

Gejala Penyakit Vertigo ini muncul secara berputar saat berbaring, berdiri, atau memutar kepala dengan cepat. Ada gangguan keseimbangan tubuh, mual dan muntah, telinga berdengung dan ada gerakan pada bola mata. Penderita Vertigo disarankan untuk menghindari gerakan, posisi, atau beberpa substansi yang dapat menyebabkan vertigo. Saat ada tanda-tanda serangan akan terjadi, pusatkan perhatian pada sesuatu hal yang dapat mengurangi rasa pusing dan mual serta obati dengan obat vertigo.

Bagi penderita Vertigo sebaiknya rajin melakukan olahraga dan melakukan olah pernapasan. Tarik napas yang dalam sebanyak-banyaknya setiap pagi saat udara masih bersih. Dengan melakukan ini bisa menimbulka perasaan tenag dan mendapatkan oksigen yang lebih banyak ke apru-paru. Selain itu berikap lebih santai dalam menghadapi hidup serta terampil dalam mengelola stress akan sangat membantu mengusir migrain dan vertigo. Akan lebih baik lagi jika segera memekrisakan diri ke dokter. Karena bisa jadi gejala yang dirasakan bukan migrain, akan tetapi mengarag ke stroke. Sebab gejala migrain memang mirip dengan stroke.

Vertigo biasanya diatasi dengan menangani sesuai penyebabnya. Misalkan, vertigo yang disebabkan oleh gangguan telinga, maka diobati gangguan pada telinganya dan jika vertigo itu disebabkan oleh gangguan penglihatan, maka diobati gangguan penglihatannya. Keluhan Vertigo pun akan hilang dengan sendirinya seiring dengan sembuhnya gangguan yang mendasari vertigo tersebut.

Demikianlah informasi Gejala Penyakit TBC diatas memang akan sangat membantu anda semua untuk menjaga kesehatan.

Penyakit Vertigo

Semoga saja anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari informasi tentang Penyakit Vertigo, informasi ini diambil dari beberapa sumber terpercaya. Terima Kasih juga karena anda telah menyimak informasi Penyebab Penyakit Vertigo di Sitkes.com.

Advertisement

Leave a Reply